FLORIANUS Surion Adu, yang kerap dipanggil Ferry-Adu getol berjuang
menolak pertambangan. Sebab tambang berandil besar membawa kerusakan
lingkungan dan meminggirkan peran masyarakat lokal (the natives
society/the marginals). Apalagi potensi pariwisata, pertanian,
peternakan dan kelautan akan lebih membawa profit bagi ekonomi daerah
dalam jangka panjang, ketimbang tambang yang membawa keuntungan jangka
pendek. Di sisi lain, nelayan, petani-peternak dan masyarakat ulayat
tersisih akibat kerakusan investor tambang dan ulah pengambil kebijakan
protambang, sementara mereka akan pulang lenggang kangkung membawa
keuntungan.Ruang perjuangan itu salah satunya melalui gerakan massa bernama ‘Geram’
(Gerakan Masyarakat anti-Tambang) Flores-Lembata. Wadah ini merupakan
asimilasi 40 elemen, seperti JPIC keuskupan dan kongregasi biarawan/ti,
LSM lokal maupun nasional, pelaku pariwisata, organisasi mahasiswa dan
pemuda, elemen budaya, dan agama. Geram mewakili kemajemukan, khususnya
di Mabar.“Geram bukan hanya mewakili agama dan etnis tertentu, tapi melibatkan
aneka elemen seperti tokoh Muslim, Hindu, Protestan, Katolik serta
fungsionaris adat dan ulayat. Kekuatan Geram adalah keragamannya,”
ungkap Ferry kepada VN, Rabu (6/6).Saat kuliah di Makassar, ia mengaku tenggelam dalam kesibukan
ekstrakurikuler kampus sebagai aktivis, sampai-sampai kuliah putus saat
semester II. Kandas pada pendidikan formal tak membuat ia berhenti
belajar. Justru ‘sekolah pengalaman’ memberi ruang kebebasan belajar
dari aneka gerakan ekstrem dan pengalaman konflik.Sekolah formal bukan segalanya, masih ada sekolah masyarakat lewat
pengalaman berorganisasi dan bekerja. Hal ini seperti mendukung pendapat
Ivan Illich, masyarakat perlu dibebaskan dari sekolah (deschooling
society), karena sekolah membuat manusia tak bebas-bodoh.Hegemoni sekolah memang tak terhindarkan, apalagi prestise gelar. Hal
ini kental dalam cara pandang masyarakat soal pendidikan. Namun,
bagaimanapun pendidikan formal itu perlu. Karena sekolah tak memandang
umur, maka Ferry pun mencoba belajar di Universitas Terbuka (UT), tahun
ini ia akan selesai. “Bagaimanapun pendidikan formal itu penting, untuk
membantu menopang psikologi menghadapi perubahan, intinya ada proses
belajar. Tak ada kata terlambat,” jelas Ferry.Komitmen dan militansi menolak pertambangan di bumi Congka Sae
(Manggarai) khususnya di Mabar rupanya berawal dari ulah para
eco-capitalist. Ekokapitalis ini berwajah konservasi lingkungan, tetapi
di balik itu menindis masyarakat lokal, bahkan dengan cara kekerasan,
contoh perlakuan BTNK terhadap masyarakat lokal Kampung Komodo.Ferry yang pernah bergabung dengan The Nature Conservation (TNC),
kemudian Puteri Naga Komodo (PNK), menemukan konservasi bertujuan untuk
kesejahteraan dan pemberdayaan masyarakat lokal. Jika sebaliknya, maka
alangkah baik “topeng konservasi” itu dicabut. Sebab ironis, masyarakat
lokal yang hidup dan kerasan di lingkar wilayah konservasi hanya
mengecap sedikit manfaat. Yang ada mereka semakin terpinggirkan dan
menjadi tamu di tanah sendiri. Kalau demikian, lebih baik TNC dan PNK
angkat kaki. “Saya mengeritik MoU yang tak jelas, tak ada kontribusi
sedikit untuk masyarakat,” kata
Militansi dan KomitmenKasus tambang Tebedo dan Batu Gosok pada 2009 lalu membuat situasi Mabar panas. Geram yang komit menolak tambang didukung kuat masyarakat arus bawah dan akar rumput. Benturan antara komunitas anti tambang melawan pembuat kebijakan yang menggandeng investor tak terhindarkan. Polarisasi pendapat pro dan kontra pertambangan mengemuka ke ranah publik. Pemberian izin usaha pertambangan (IUP) kala itu jelas melanggar peraturan daerah tentang tata ruang seperti di zona wisata Batu Gosok dan perambahan hutan lindung, Tebedo sangat memprihatinkan.
Civil society antitambang yang bersenyawa dalam Geram secara tegas, militan, dan komit menolak pertambangan. “SMS teror, ancam bunuh anak istri, bahkan ada teman yang rumahnya dilempar. Pengalaman konflik itu mendewasakan, karena kami komit prolingkungan. Ini konsekuensi idealisme kelompok dan pribadi. Mundur tak mungkin,” kata Ferry.
Ferry meyakinkan sejak pemekaran sampai saat ini, Mabar berhaluan menjadi kabupaten wisata. Geram gerah melihat fenomena kerusakan lingkungan yang sangat memprihatikan. Padahal potensi wisata Mabar luar biasa, sangat ironis kalau menjadi kabupaten tambang. Tapi toh pengambil kebijakan kala itu tetap berpihak pada kekuatan modal sebagai ‘tangan tak kelihatan’ di Mabar. Tak ada pilihan lain, kecuali rakyat sendiri bersikap. Pengambil kebijakan dituntut berorientasi pada keselarasan pembangunan lingkungan. Tidak relevan Mabar dijadikan kabupaten tambang kalau sektor unggulannya pariwisata. Jika saja izin Tambang Batu Gosok mulus, maka kerusakan lingkungan sudah pasti terjadi. Limbah tambang emas berbahaya karena dibuang ke laut. Kalau air pasang dan surut limbah itu akan kembali ke daratan. Biota laut dan ikan akan mati. Jelas ini mematikan mata pencaharian nelayan yang menjadikan laut ‘rumah’ mereka.
Geram tak berperan dalam politik praktis demi kekuasaan. Dalam konteks pilkada, mereka minta komitmen kandidat, hitam di atas putih, bukan janji retoris di atas panggung. Gerakan Geram lahir dari kolekte anggota, kalau ada rencana gerakan itu karena murni kontribusi anggota. “Tak ada gerakan kami yang bersandar pada donatur tertentu,” ungkap Ferry.
Potensi konflik lain di Mabar lahir dari dampak perubahan ekonomi kabupaten ini sebagai daerah wisata. Harga tanah yang mahal membuat masyarakat lokal tergiur menjual tanah. Yang terjadi jual di atas jual. Sang kakek jual, cucu gugat. Tren penjualan tanah kepada investor berpeluang konflik, karena bukan tak mungkin mereka akan semakin terpinggir dan menjadi penonton perubahan. Karena itu, melalui divisi pemberdayaan, masyarakat diadvokasi. Kalau bisa memakai sistem pinjam pakai misalnya untuk 10-15 tahun dan warga ikut sebagai pemegang saham. Namun di lain sisi, kehadiran investor pariwisata sangat membawa perubahan berarti, misalnya peluang kerja yang semakin terbuka dengan pemberian gaji yang manusiawi sesuai kontribusi pekerja.
Sampai saat ini Ferry tak merasa besar karena gerakkan yang dia dan kompatriot jalankan. Justru gerakkan ini membuat mereka semakin belajar. Pengalaman konflik itu mendewasakan dan menjadi ruang belajar. Kultur diskusi dan berbeda pendapat menjadikan seseorang dapat mengontrol diri. Berkah perjuangan justru muncul dalam perubahan lapisan epistemik yang dulunya sempit, menjadi luas karena benturan ide. Bagi Ferry, belajar memang pengalaman dinamis, tak memandang usia dan kelamin. Selama ada waktu, teruslah belajar.
Bio Data
Nama : Florianus Surion Adu
TTL : Mabar, 17 Desember 1968
Istri : Suparyah
Anak : Paskalina ED Adu, Roswita K Adu, dan Rikardo Adu
Pendidikan :
Sarjana Studi Ilmu Pemerintahan
Organisasi massa:
- Ketua Himpunan Nelayan Bersatu ‘NUANSA’ NTT (2002)
- Koordinator Gerakan Masyarakat Anti Tambang, ‘GERAM’ (2009-sekarang)
- Ketua Kader Konservasi BTNK (2000)
- Sekretaris Komite Pemuda Mabar (1999)
- Kordinator ‘AMPAR’ , Aliansi Angkatan Muda Manggarai Reformasi (1997)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar